Selasa, 14 April 2020

Menjadi Guru Hebat





Guru sedang membacakan cerita


“GURU biasa-biasa saja hanya bisa menceritakan. Guru yang baik mampu menjelaskan. Guru yang unggul mampu menunjukkan. Sementara guru yang hebat bisa memberikan inspirasi.” ujar seorang penulis bernama William Arthur Ward.

Guru adalah sesosok manusia yang diberikan kelebihan untuk mentransfer ilmu kepada orang. Kata Guru mempunyai makna ‘digugu dan ditiru’ yang artinya, mereka menjadi contoh dan panutan. Namun secara umum, Guru merupakan suatu pekerjaan yang mulia, dan disebut sebagai tenaga profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan, menilai mengevaluasi dan mentransfer ilmu kepada peserta didik.


Keberhasilan pelajar di sekolah tidak hanya ditentukan antusias belajar yang tinggi. Banyak penopang lain untuk mewujudkan prestasi gemilang. Tidak banyak orang menyadari bahwa keberhasilan atau prestasi yang digapai oleh pelajar kita sesungguhnya bukan murni hasil jerih payah pelajar itu sendiri, tetapi ada peran penting seorang guru disana, disamping peran signifikan orangtua. Inti dari sebuah sekolah adalah guru. Guru merupakan pendidik yang bertanggung jawab memberi bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaannya. Mampu berdiri sendiri dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khalifah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan individu yang sanggup berdiri sendiri.

Guru betul-betul menjadi teladan bagi siswanya artinya guru menjadi contoh tapi bukan memberi contoh. Gambaran guru yang demikian merupakan guru yang dibutuhkan sehingga dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi peserta didiknya. Bagi siswa, seorang guru merupakan sosok yang spesial.

Peran guru di sekolah tidak dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun. Oleh karenanya, guru harus benar-benar menyiapkan diri menjadi guru yang hebat. Guru yang hebat adalah guru yang mengabdikan dirinya secara totalitas dan memandang bahwa mencerdaskan siswanya adalah kewajibannya. Salah satu ciri utama guru hebat adalah menjadi guru dihati siswa bukan menjadi guru di mata siswa.


Salah satu contoh agar menjadi guru yang hebat adalah mengikuti sebuah wadah atau perkumpulan untuk guru, sehingga guru dapat meningkatkan kompetensi, karier, dan sebagainya. Banyak organisasi profesi guru yang dapat di ikuti. Contohnya PGRI (Ikatan Guru Republik Indonesia, IGTKI(Ikatan Guru, Taman Kanak-Kanak) , IGI( Ikatan Guru Indonesia) IGRA( Ikatan Guru Raudhotul Athfal) dll. 





                                       


                       Video IGI. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=xR1YhqAA0pw


Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah salah satu wadah yang memfasilitasi semua guru mulai dari guru PAUD samapi dengan guru SMK/SMAIkatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisai guru yang diinisiasi sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia dibawah kepemimpinan Ahmad Rizali Dan secara resmi berbadan hukum pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009 dengan Ketua Umum Satrian Dharma dan Sekjen Muhammad Ihsan dari Jatim serta Indra Djati Sidi dari Jabar sebagai Ketua Dewan Pembina.

Kepengurusan baru 2016-2021 juga telah terdaftar di kementerian hukum dan ham dengan surat keputusan nomor AHU-0000308.A.H.01.08.Tahun 2016 dengan Ketua Umum Muhammad Ramli Rahim dari Sulsel dan Sekjen Mampuono dari Jawa TengahIGI lahir dari keprihatinan akan rendahnya kompetensi guru Indonesia, pemerintah dalam kajian berbagai pihak dianggap belum sukses mengangkat kompetensi guru, sementara organisasi guru yang ada saat itu tak berbuat apapaun dalam rangka peningkatan kompetensi guru.

Sejak mendapat pengesahan resmi dari pemerintah sebagai organisasi guru, IGI terus berkonsentrasi penuh pada peningkatan kompetensi guru. Bagi IGI, ujung pangkal dari semua persoalan pendidikan di Indonesia ada pada rendahnya kompetensi guru Indonesia baik kompetensi profesional, kompetensi paedagogik, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian.

Untuk mengetahui lebih lanjut informasi tentang IGI silahkan kunjungi website Ikatan Guru Indonesia(IGI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar